Press enter to see results or esc to cancel.

Ini Dia Tips Bagaimana Memilih Batu Bata Yang Bagus

Batu bata adalah bahan bangunan yang terbuat dari tanah liat atau lempung. Tanah liat tersebut umumnya dibentuk balok dengan ukuran sedemikian rupa lalu dibakar. Batu bata yang ada saat ini ada yang berwarna merah dan putih. Tetapi, fungsinya tetaplah sama yakni sebagai material untuk membentuk dinding pada suatu bangunan seperti rumah dan sebagainya. Sebagai material penting dalam sebuah bangunan, sudah seharusnya untuk memilih batu bata dengan kualitas terbaik.

Dengan begitu, dinding dari bangunan akan lebih aman dan kokoh. Kualitas dari batu bata sendiri bisa dilihat dari bahan baku dan teknik pembuatan yang dilakukan. Saat ini banyak penjual batu bata yang ada di berbagai daerah. Tetapi, kualitas dari batu bata tersebut berbeda-beda. Oleh karena itu, sebagai konsumen kita harus memahami tips memilih batu bata yang baik untuk rumah yang akan kita bangun.

batu-bata

Sebelum membeli batu bata, Anda harus selektif dalam memilih dengan memperhatikan tips memilih batu bata yang baik sebagai berikut :

  1. Jangan Asal Pilih Toko Bangunan

Sebelum memilih batu bata yang akan dibeli, Anda harus memilih toko bangunan terlebih dahulu. Apalagi jika digunakan untuk membuat desain kamar tidur minimalis yang unik. Pilihlah toko bangunan yang telah memiliki reputasi baik karena lebih terpercaya. Material bangunan yang dijual kemungkinan besar memiliki kualitas yang bagus termasuk batu bata.

  1. Mengecek Batu Bata

Sebelum membelinya, Anda bisa mengecek batu bata yang dijual di toko bangunan tersebut. Biasanya batu bata yang tersedia jumlahnya ribuan. Anda bisa mengecek batu bata tersebut secara acak. Jika ditemukan banyak batu bata yang pecah dan berserakan, bukan tidak mungkin kualitas batu bata yang dijual kurang bagus.

  1. Perhatikan Bentuk dan Ukuran Batu Bata

Batu bata yang baik harus memiliki bentuk prisma segi empat panjang dengan sudut siku-siku yang tajam dan permukaan yang rata serta tidak retak. Ukuran standar dari batu bata sendiri adalah modul M-5a (190 x 90 x 65 mm), modul M-5b (190 x 140 x 65 mm) dan modul M-6 (230 x 110 x 55 mm).

Tips memilih batu bata yang baik harus benar-benar dicermati, agar Anda tidak salah dan justru mendapatkan batu bata dengan mutu yang kurang bagus.